strategi mencuri

terkadang dalam suatu permainan dua orang kita tak perlu, jika memang ada strategi yang menjamin kemenanga, menunjukkan strategi itu secara langsung. kita cukup menunjukkan eksistensinya saja. hal ini sering dilakukan untuk menganalisis suatu permainan dan tentu saja, meskipun kita telah berhasil menunjukkan adanya strategi itu, kita belum punya strategi nyatanya. bahkan, pencarian strategi itu akan sangat susah.
contohnya adalah pada permainan catur rangkap. aturan permainan ini sama seperti catur biasa, tetapi setiap pemain dua kesempatan melankah pada setiap giliran. catur rangkap ini ternyata tidak sebaik catur biasa karena ada suatu strategi yang menjamin permain pertama (bidak putih) menang apapun yang dilakukan pemain kedua (bidak hitam).
ada suatu metoda yang menarik untuk membuktikan eksistensi seperti ini. dikenal sebagai strategi mencuri. John Nash penemu permainan Hex, menggunakan strategi ini untuk membuktikan bahwa pemain kedua tidak mempunyai strategi kemenangan. argumentasinya berdasarkan logika bahwa jika memang ada strategi kemenangan untuk pemain kedua, maka pemain pertama dapat melangkah tanpa membahayakan pemain kedua dan kemudian mencuri strategi yang dimiliki pemain kedua itu.
sekarang kita akan menerapakan strategi mencuri itu untuk membuktikan bahwa pada permainan catur rangkap pemain pertama punya strategi kemenangan.
misalkan sebaliknya, yaitu pemain kedua yang punya. pada langkah pertama pemain pertama melangkahkan kudanya ke salah satu tempat, kesempatan selanjutnya ia pindahkan lagi kudanya ke tempat semula. sekarang kondisinya persis seperti permainan mula-mula, tetapi pemain kedua bertindak sebagai pemain pertama dan sebaliknya, sehingga berdasarkan asumsi pada kondisi ini pemain pertama yang menang. kontradiksi dengan asumsi, sehingga pemain pertamalah yang punya strategi kemenangan.

Satu pemikiran pada “strategi mencuri

  1. Argumennya keren banget!!! Gw kira perlu argumen panjang dan banyak pengetahuan tentang catur, ternyata sesimple itu. WOWWW!!! Ga kepikiran :D:D:D:D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s