Cari Kesalahan

Beberapa hari yang lalu teman saya sedang membagi-bagi kesenangannya pada waktu itu selama mencari kesalalahan. Situs yang sedang kami pandangi dengan terheran-heran adalah ini. Di sana ada beberapa kesalahan selama berargumentasi secara matematika khususnya di teori calculus. Salah satu yang paling mendasar karena hanya menggunanakan teori turunan sederhana adalah sebagai berikut:

x > 0
x = 1 + 1 + 1 + … + 1 (sebanyak x kali)
x2 = x + x + … + x (sebanyak x kali)
D(x2) = D(x + x + … + x) (sebanyak x kali)
2x = 1 + 1 + 1 + … + 1 (sebanyak x kali)
2x = x
2 = 1

D di atas adalah operator turunan terhadap variabel x. hmm..

btw, selamat bersenang-senang. Cek juga solusinya.

2 pemikiran pada “Cari Kesalahan

  1. Pertama kali saya ketemu soal ini, saya sama sekali ga ada ide di mana kesalahannya. Terus saya pikir, x^2 kan belum tentu sama dengan x+x+x+…+ x (x kali). Itu hanya berlaku dengan bilangan asli. Saya sudah puas di sini. Tapi setelah beberapa saat, teman saya memberi tahu jawaban sebenarnya. Ternyata penjelasan saya belum cukup! Sebenarnya, kesalahannya adalah menganggap D(x^2)=D(x+x+…+x) (x kali). Karena x adalah variabel, nilainya bisa berubah-ubah. Jadi, banyaknya x yang ditambah bukan x kali.
    😀

  2. maksud x kali di situ memang banyaknya ditambahkan bukan hasil kali. jadi belum memuaskan, tapi Po yang bagus😉
    memang penulisannya terlalu ambigu, lebih enak kalau telusuri langsung link nya.
    kesalahan yang ada di sini memang sulit dilihat, kalau cuma dibaca sepintas (dan pemahaman yang sepintas pula ;)), apalagi buat mereka yang belum pernah berhubungan dengan kalkulus.

    klu nya masih tetap sama lho.
    btw, harus cari cara gmn ngasih peringatan spoiler…

Tinggalkan Balasan

