Masalah dari Serial TV

Ada banyak serial TV (bagi yang berlangganan tv kabel) yang mengungkap matematika atau ilmu pengetahuan sebagai metode untuk menyelesaikan masalah yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Serial Macgyver merupakan salah satu contohnya yang klasik. Saya tidak sempat menikmatinya dengan baik, karena seingat saya serial ini ditayangkan ketika saya  masih bocah. Namun, tokoh Macgyver sangat terkenal.

Wikipedia membuat artikel daftar masalah yang pernah diselesaikan Macgyver pada tiap episode. Artikel ini cukup menarik dan dapat ditelusuri ke sana. Dan contoh lain yang masih baru adalah serial Numb3rs [kata wiki]. Serial ini merupakan salah satu serial yang masih bisa dinikmati. Latar belakang serial ini adalah masalah FBI. Singkatnya seorang agen FBI berjuang mencari kebenaran dengan bantuan adiknya, seorang profesor matematika. Kentara sekali penerapan matematika untuk membantu menyelesaikan masalah-masalah yang timbul. Namun, menurut saya matematika yang diungkapnya cukup sulit dicerna. Lihat saja daftar masalah yang pernah dibahas dan metode matematika yang dipakai di sini [wiki].

Meskipun demikian serial ini menjelaskan bahwa penerapan matematika sangat luas untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Matematika dan ilmu komputer terus dikembangkan untuk dapat mengatasi  masalah yang timbul akibat perkembangan zaman (dengan tingkat kompleksitas yang sebanding). Jadi masih zaman takut matematika?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s