080808

Sekarang tanggal berapa y?

Jawabannya bagus dan tertulis sebagai judul. Menariknya pada setiap bagian ada angka 8. Beberapa hari yang lalu saya berbincang dengan Koko Martono [dosen MA ITB]. Karena sedang ada siswa SMA yang sedang konsultasi suatu masalah deret geometri (bisa jadi dirilis di MZ), dia sempat membahas (kembali) uniknya bilangan 8. Dimulai dengan pertanyaan,

“Berapa 8 dibagi 2?”

Secara aritmatika naif jawabannya mudah, yaitu 4. Namun, Pak Koko menjelaskan bagaimana melihat sesuatu tidak dari satu sudut pandang saja. Secara geometri jawabannya bisa 0, karena 8 dipotong di persimbangannya. Bisa juga 3 karena dipotong vertikal secara simetris. Atau dari sisi bisnis, jawabannya tergantung kinerja: jika kita akan membagikan 8 pada dua orang, maka jumlahnya sebanding dengan kinerja orang tersebut bekerja (relatif) untuk kita.

Selain itu 8 juga menyimbolkan, menurutnya, ketakhinggaan yang dibalik. Dia juga mengisahkan akan betapa uniknya angka delapan muncul dalam tahun kemerdekaan RI. Kita dapat menemukan banyak hubungan menarik tentang tanggal kemerdekaan kita itu. Ini bisa jadi merupakan salah satu materi yang akan diungkap di MZ. Namun, tidak hanya itu, ia memberikan beberapa artikel yang pernah dibuatnya dan telah memberikan izin untuk dimuat di MZ. Whow.. thx, Pak Koko.

Mencari tahu 080808 di Google juga lumayan untuk mengisi waktu luang,o_O. Cina memilih tanggal ini sebagai hari pembukaan Olimpiade 2008 di Beijing, tepatnya pada pukuk 8.08 pm. Dipilih karena 8 menyimbolkan kemakmuran. cek di sini.

Bagi penggemar catur, bisa lihat masalah 080808 di sini. Situ itu merupakan situs tentang catur! Beberapa pencinta matematika senang bermain catur, tapi saya tidak.

8-}

2 pemikiran pada “080808

  1. huhu.. hari ini sma gw (8 jkt) reunian di putri duyung ancol.. n gw lagi ngurusin dapet nim baru..

    btw, ngomongin 8 di catur.. yang sering masuk di kuliah if tu persoalan 8 ratu..😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s