Kaget ketika membaca berita tentang perilaku siswa memanfaatkan hpnya. Sumber dalam berita itu mengklaim bahwa berponsel di sekolah lebih berbahaya daripada bolos karena ponselnya bisa digunakan untuk membuka hal-hal yang tidak benar. Karena internet lebih mudah diakses, misalnya via ponsel, maka hal tersebut memang mungkin terjadi. Namun, saya kira alasan yang lebih utama adalah rasa bosan dan kurang menghargai guru ketika kelas berlangsung. Sebagai seorang siswa yang bosan ketika kelas berlangsung,jika ada kesempatan tidak segan saya mengakses internet untuk mendapatkan berita atau bersosialisasi. Di lain pihak, terkadang saya juga ada dalam posisi guru. Dalam ini, tentu saja saya berusaha agar ada interaksi seaktif mungkin dengan siswa melalui materi yang saya berikan, yaitu matematika. Jadi masalahnya sekarang adalah bagaimana guru membuat dan mengarahkan interaksi aktif antar-siswa di kelas. Bagaimana pun sebagai manusia yang berpikir rasa bosan adalah musuh yang harus segera dibunuh.

Tinggalkan komentar